Khidmatnya Misa Rabu Abu di Paroki Katedral Banjarmasin

Umat memenuhi gedung Gereja dan Aula Sasana Sehati pada Misa Hari Rabu Abu tanggal 17 Februari 2021.
Pembagian abu kepada salah satu umat pada misa pukul 19.30.

Kemarin, Rabu tanggal 17 Februari 2021, umat Katolik seluruh dunia membuka Masa Prapaskah atau disebut juga Masa Retret Agung, Masa Puasa Pantang, atau Masa Tobat dengan Hari Rabu Abu. Abu yang ditaburkan di ubun-ubun atau atas kepala merupakan simbol pertobatan atau perkabungan. Selama empat puluh (40) hari kedepan, kita akan menjalani masa puasa dan pantang sekaligus masa tobat untuk mempersiapkan kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus yang kudus dan mulia dalam Masa Paskah.

Di Paroki Katedral Banjarmasin, diadakan empat (4) kali jadwal misa dan semuanya berjalan dengan khidmat dan tertib. Walau dalam masa pandemi COVID-19, umat terlihat sangat antusias dalam mengikuti Misa Hari Rabu Abu tersebut. Hal ini dapat terlihat dari gedung gereja yang penuh oleh umat yang ingin mengikuti misa. Beberapa umat bahkan datang satu jam sebelum misa agar mendapat tempat duduk di dalam gedung gereja.

Misa Rabu Abu ini juga diadakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, dimana umat yang hadir diharuskan memakai masker, diadakan pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum memasuki area Gereja, diadakan pendataan bagi seluruh umat yang hadir, sebelum menerima komuni terlebih dahulu menggunakan hand sanitizer, dan umat dihimbau langsung pulang dan tidak berkerumun setelah misa selesai.

Misa pertama diadakan pada pukul 06.00 WITA dan dipersembahkan oleh Pastor Paroki Katedral Banjarmasin, RP. Krispinus Cosmas B. Tukan, MSF. Terpantau ada sekitar 160 umat yang menghadiri misa ini. Misa berikutnya diadakan pada pukul 12.00 WITA dan dipersembahkan oleh RP. Florentinus Hersemedi, CM dari Seminari Menengah St. Petrus Banjarmasin dan dihadiri sekitar 122 umat.

Misa ketiga diadakan pada sore hari pukul 17.00 WITA dan dipersembahkan oleh Pastor Rekan Paroki Katedral Banjarmasin, RP. FX. Sumantoro, MSF. Sekitar 318 umat menghadiri misa pada pukul 17.00 ini. Misa terakhir diadakan pada pukul 19.30 WITA dan dipersembahkan oleh RD. Andreas Setyo Indroprojo dari Wisma Immaculata (wisma Keuskupan Banjarmasin). Pada misa pukul 19.30 ini, tercatat ada sekitar 392 umat yang hadir dan mengikuti Perayaan Ekaristi.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Misa Hari Rabu Abu di Paroki Katedral Banjarmasin. Marilah kita di dalam Masa Prapaskah ini selalu mengamalkan tobat kita kepada Tuhan dengan melakukan puasa, amal, dan berdoa agar kita layak merayakan kebangkitan Tuhan Yesus yang mulia ke surga.

Salam sehat selalu, Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *